Industri Fashion di Indonesia

INDUSTRI FASHION di INDONESIA
INDUSTRI FASHION di INDONESIA

Fashion dan Profesi yang Terkait

Industri Fashion di Indonesia merupakan salah satu industri yang mengalami perkembangan yang cukup mengagumkan. Dari tahun ke tahun selalu menunjukkan pertumbuhan yang sangat signifikan. Terus tumbuh dengan pesat, mengikuti perkembangan jaman yang semakin maju.

Karena sudah sedemikian berkembang dan majunya dunia fashion di tanah air itulah saat ini banyak sekali orang yang ingin membuat usaha atau melakukan bisnis di bidang ini. Banyak sekali cara yang mereka lakukan untuk ikut menyemarakkan dunia fashion ini.

Untuk mereka yang masih awam akan dunia fashion, tentunya terlebih dahulu harus mempelajari segala sesuatunya secara lebih mendalam. Entah itu dengan mengikuti beberapa kursus atau dengan belajar dan bertanya langsung kepada ahlinya.

Hal di atas berlaku bagi mereka yang betul-betul ingin terjun langsung menekuni bisnis fashion ini. Misalnya jika orang tersebut ingin menjadi desainer atau perancang busana terkenal yang ingin diakui nama dan eksistensinya.

Memang harus diakui banyak sekali sekarang orang yang ingin berprofesi sebagai perancang busana. Karena selain mereka memang telah mempunyai bakat dan kemampuan, merekapun menganggap dunia fashion ini akan memberikan apa yang mereka inginkan atau cita-citakan.

Yaitu mendapatkan penghasilan yang memadai, yang bisa dipakai untuk mencukupi semua kebutuhan hidupnya. Dan hal itu hanya dapat mereka capai kalau mereka sudah menjadi seorang desainer kenamaan. Karena dengan menjadi seorang perancang busana yang sudah populer akan banyak sekali orang yang menggunakan jasanya.

Semakin banyak orang yang datang kepadanya akan semakin bertambah banyak pula penghasilan yang akan diperolehnya. Selain tentu saja dia akan sangat senang karena bisa terus mengembangkan hobi dan ilmu yang dia miliki.

Tidak mudah menjadi seorang desainer. Apalagi kalau sudah ditahbiskan banyak orang sebagai desainer ternama. Dimana karya-karyanya sudah diakui dan dikenal dan dipakai oleh masyarakat luas. Dia harus berkarya sebaik mungkin.

Untuk itu secara terus-menerus dia harus mampu membuat dan mengeluarkan karya setiap saat. Dengan kualitas terbaik. Sehingga nantinya karya-karyanya tersebut akan selalu dapat diterima oleh masyarakat banyak.

Kalau perlu demi memperdalam dan mengasah kemampuan dan ketrampilannya seorang perancang busana harus mau ikut dalam suatu pelatihan atau kursus lagi. Karena mengikuti suatu kursus atau pelatihan tidak hanya berlaku bagi mereka yang baru akan memulai bisnis fashion, khususnya bagi yang memilih profesi sebagai desainer.

Pada umumnya bagi seorang perancang busana yang sudah memiliki nama besar, training atau kursus yang akan diikuti skalanya tentunya sudah merupakan skala atau taraf internasional. Biasanya mereka akan mengikuti kursus singkat di luar negeri. Di kota-kota besar yang menjadi pusat mode dunia, seperti London, Milan dan Paris.

Berbagai kursus dan training bisa diikuti oleh siapa saja yang mempunyai keinginan untuk semakin maju lagi, yang ingin lebih berkembang. Ingin bisa membuat karya yang lebih baik, lebih berkualitas, yang bisa diterima oleh masyarakat.

Dan saat ini berkaitan dengan hal tersebut, sudah banyak bermunculan lembaga pelatihan atau kursus tentang dunia rancang merancang busana ini. Yang ditujukan kepada semua orang yang memiliki keinginan untuk dapat membuat suatu rancangan busana yang baik.

Lembaga tersebut banyak sekali tersebar di berbagai kota di Indonesia. Ada yang sudah mempunyai nama besar, ada juga yang belum. Semuanya tergantung kepada kita untuk memilih mana sekiranya yang paling sesuai dengan kebutuhan kita.

Berbagai Macam Tip di dalam Industri Fashion

Dunia fashion atau mode di tanah air ini sudah tumbuh dan berkembang demikian cepat. Selalu bisa mengikuti setiap trend yang selalu mengalami perkembangan dari waktu ke waktu, bahkan setiap hari.

Karena sudah semakin tumbuh dengan baik itulah maka saat ini banyak sekali bermunculan berbagai macam industri fashion di Indonesia. Beragam jenis industri di bidang fashion ini terutama sekali dimunculkan oleh mereka yang melakukan usaha atau yang menekuni bisnis fashion tersebut.

Mereka membuat berbagai jenis fashion yang ditujukan bagi semua kalangan masyarakat Indonesia. Industri fashion yang mereka tawarkan banyak sekali jenisnya. Di antaranya industri fashion baju anak, baju untuk mereka yang bekerja di kantor, baju untuk wanita yang memakai hijab atau kerudung, baju pengantin dan lain sebagainya.

Selain menawarkan berbagai jenis fashion yang dapat kita pilih sesuai dengan apa yang kita butuhkan, mereka juga memberikan berbagai macam tips dan trik kepada kita agar dapat memilih busana dan perlengkapannya secara tepat.

Ada banyak tip yang dapat kita ikuti supaya kita bisa tampil dengan baik. Salah satunya yang akan dibahas di sini adalah tip fashion yang baik untuk wanita yang mengenakan jilbab. Tidak ada halangan bagi wanita yang sudah menggunakan hijab untuk dapat tampil modis. Dengan syarat masih tetap mengikuti kaidah-kaidah yang berlaku di agama Islam.

Untuk bisa terlihat baik dan enak serta rapi dalam memakai jilbab, perlu kiranya untuk menggunakan dalaman hijab atau yang kita sebut dengan nama ciput. Kita juga harus menggunakan jilbab secara tepat supaya bisa membuat wajah kita menjadi terlihat lebih ramping.

Supaya wajah kita terlihat lebih cerah dan segar, kita harus mengenakan jilbab dan baju yang berwarna cerah. Sebagai pelengkapnya bisa kita gunakan bros, tas dan sepatu yang memiliki warna yang bisa dipadu padankan dengan warna baju dan hijab.

Tip kedua yang bisa kita pelajari adalah tip tentang baju yang tepat digunakan oleh mereka yang bekerja di kantor. Karena bekerja di kantor itu harus dituntut untuk selalu tampil rapi dan elegan maka baju yang paling cocok untuk itu adalah baju yang terbuat dari bahan kain.

Yang berasal dari kain katun yang lembut, yang tidak membuat panas pemakainya. Bagi para wanitanya bisa mengenakan satu stel pakaian yang terdiri dari atasan yang berupa blus lengan panjang berkerah serta bawahan yang bisa berbentuk rok atau celana panjang.

Warna yang dipilih haruslah warna yang tenang, yang netral, seperti warna hitam, abu-abu, biru atau crem. Untuk modelnya, tidak boleh terlalu ketat, tidak boleh memperlihatkan lekuk pinggul. Karena akan berkesan tidak sopan dan nantinya pandangan mata orang akan tertuju kepada bagian tersebut.

Tip bagaimana memilih baju pengantin yang baik adalah tip lainnya lagi yang bisa kita pelajari. Untuk membuat baju pengantin, ada satu hal yang betul-betul harus kita perhatikan. Yaitu bahwa kita harus memesannya jauh-jauh hari.

Karena proses pembuatannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Banyak sekali perhiasan atau payet yang akan digunakan sebagai pelengkap baju pengantin tersebut. Beda sekali dengan prosesn pembuatan baju biasa.

Bahan yang akan dipakai haruslah terbuat dari bahan yang bisa membuat kita nyaman. Tidak membuat kita gatal dan kepanasan. Hindari untuk memilih potongan atau model yang ketat karena akan menyebabkan kita kesulitan bergerak.

 

Leave a Reply